Kelompok Masyarakat

Kelompok swadaya masyarakat (KSM) atau kelompok masyarakat (Pokmas) adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang dibentuk dengan tujuan dan atau visi misi tertentu yang mengagendakan setiap keluh kesah mereka yang tidak tertampung.


Perhatian Pemerintah sedari dulu terhadap mereka yang berniat memajukan segala aktivitas yang menyangkut kepentingan umum pada dasarnya cukup besar. dimana setiap kegiatan mereka yang menyangkut hajat hidup orang banyak adalah tulang punggung utama atau pilar utama dari berdirinya sebuah pemerintahan.

Fungsi dan tujuan dari pokmas sendiri pada dasarnya tergantung pada apa jenis dan atau kelompok masyarakat dari profesi apa ,

Provinsi Jawa Timur baru baru ini kembali memberikan bantuan hibah kepada pokmas ditiap tiap desa hingga saat ini belum bisa mengucurkan bantuan terkait dana hibah untuk kelompok masyarakat dipedesaan , sebesar Rp 20 juta per Pokmas. Diharapkan Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang dapat menerima hibah harus dipilah-pilah agar nantinya tidak berimbas pada persoalan pidana. 

Peran Kelompok Masyarakat pada dasarnya merupakan hal yang vital dan penting dimana keberadaan mereka adalah guna untuk menampung setiap aspirasi dan keluhan yang diderita atau diterima oleh setiap kelompok atau anggota dari kelompok masyarakat tertentu. 

Pendirian pokmas awalnya adalah karena adanya tujuan yang sama dan bersama yang disepakati dan memberikan manfaat, baik bagi mereka yang berada didalam pokmas tersebut maupun mereka yang berada diluar kelompok masyarakat tersebut. Kelompok Masyarakat (Pokmas) adalah sebuah wadah aspirasi, pikiran dan tujuan yang tertampung dan terangkum melalui kebebasan berbicara, berkumpul dan mengemukakan pikiran, didalam sebuah forum dan kemudian diwujudkan dalam kerja nyata melalui kerjasama kelompok masyarakat tersebut.


Blog, Updated at: 20.37.00

0 komentar:

Posting Komentar