Arti Pentingnya Poskamling

Pentingnya Fungsi sebuah Poskamling Bagi Warga masyarakat mungkin secara langsung kurang begitu kelihatan, dan kini juga jarang di butuhkan serta difungsikan , akan tetapi jika kita mau sedikit berpikir akan penting dan krusialnya peranan pos kamling bagi setiap warga maka sudah barang tentu masyarakat baik di pedesaan maupun perkotaan akan kembali menggalakkan pos kamling.

Untuk terlaksananya pos kamling secara efektif dan terpadu, diperlukan adanya pengorganisasian pos kamling yang menjelaskan tentang tugas, fungsi, kegiatan, dan tanggung jawab serta manfaat yang akan diperoleh baik oleh warga maupun mereka yang kebagian tugas menjaga. 

Kondisi pos keamanan lingkungan (poskamling) sebagai salah satu keunikan budaya lokal patut disayangkan karena kini banyak yang mangkrak dan atau dialihkan fungsinya.

Poskamling sebagai salah satu bangunan arsitektur adalah sarana untuk mendukung aktivitas ronda. Perlu ditegaskan bahwa tidak semua bangunan mampu mendukung tujuan semula atau malah bisa sebaliknya jadi menghambat.

Ekstremnya bahkan mendorong penggunanya untuk berperilaku negatif. Pertanyaannya mengapa poskamling menjadi semakin terpinggirkan ? Sudahkah poskamling mewadahi aktivitas dan kebutuhan masyarakatnya baik secara fisik, sosial, maupun budaya ?

Ronda berikut sistem dan perangkat di dalamnya merupakan kearifan lokal sebagai metode untuk menciptakan kondisi lingkungan yang tertib dan aman. Keunikan yang ada mulai dari sistem ronda, sarana (poskamling), berikut alat komunikasi (kenthongan) dan sistem tanda yang terdapat di dalamnya, serta pola penggalangan dan pembentukan petugas, Ini semua adalah local genius budaya Indonesia.


Blog, Updated at: 18.31.00

0 komentar:

Posting Komentar