Kelompok Swadaya Masyarakat

Kelompok swadaya masyarakat atau yang kemudian disebut sebagai kelompok masyarakat (Pokmas) adalah sebuah wadah atau organisasi kemasyarakatan yang dibuat dan atau di bentuk dengan tujuan dan atau visi misi tertentu yang mengagendakan penyediaan sarana dan prasarana serta kegiatan yang disuarakan atau menjadi keluh kesah mereka yang tidak tertampung.

KSM (kelompok swadaya masyarakat) adalah sebuah perkumpulan orang yang menyatukan diri secara sukarela dalam kelompok dikarenakan adanya ikatan pemersatu, yaitu adanya visi, kepentingan, dan kebutuhan yang sama, sehingga kelompok tersebut memiliki kesamaan tujuan yang ingin dicapai bersama.

KSM ini merupakan kegiatan awal proses pembelajaran di tingkat masyarakat bertumpu pada kelompok  Dalam proses pembentukan KSM ini bukan untuk membentuk Kelompok sebanyak - banyaknya melainkan dalam rangka memunculkan KSM yang berkualitas dan benar-benar menjadi wadah pembelajaran bagi masyarakat dan bedasarkan pada kebutuhan nyata dan kesiapan masyarakat.

Kesatuan dalam KSM ini didasari oleh ikatan pemersatu, antara lain kesamaan kepentingan dan kebutuhan, kesamaan kegiatan, kesamaan domisili dll., yang mengarah pada upaya mendorong tumbuh berkembangnya modal sosial.

KSM ini merupakan kegiatan awal proses pembelajaran di tingkat masyarakat bertumpu pada kelompok. Kegiatan ini merupakan proses identifikasi dan penentuan kelompok masyarakat yang akan didampingi.

Keputusan apakah satu kelompok bisa didampingi atau tidak harus merupakan kesepakatan bersama seluruh anggota kelompok dan pelaku program penanggulangan kemiskinan di tingkat kelurahan/desa.

Dengan adanya KSM akan menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk memperkuat kembali ikatan - ikatan pemersatu sebagai media membangun solidaritas sosial sehingga masyarakat mampu memecahkan persoalan-persoalan bersama secara mandiri melalui pembelajaran bertumpu pada kelompok.


Blog, Updated at: 02.56.00

0 komentar:

Posting Komentar