Es Tung Tung Atau Es Puter

Es Tung Tung adalah nama sebuah minuman sejenis es cream yang diberi wadah kotak plastik atau kerupung yang berbentuk kerucut, nama es Tung tung atau ada juga yang memberi nama es dung dung diambil dari suara yang keluar dari gong mini gantung yang biasanya dipukul-pukul oleh penjualnya dengan bunyi dung2 atau tung tung sembari menjual atau menjajakan dagangannya. 

Es ini disebut juga Es puter atau es tong tong yang merupakan salah satu hidangan pencuci mulut dari Indonesia serupa dengan es krim berbahan dasar santan sebagai pengganti susu, biasanya juga diberi tambahan susu. Es puter bertekstur kasar dan dibekukan secara tradisional dengan sebuah alat berbentuk tabung yang diputar-diputar di dalam es batu dan garam.

Pemberian nama hidangan ini disebut es puter karena dalam pembuatannya, adonan diputar-putar dalam alat pembuat es hingga mengkristal. Penyajian es tradisional ini sangat sederhana yaitu dengan cone yang berbentuk kerucut atau atau dinikmati dalam gelas kaca. Es tung-tung pun bisa diberi tambahan, seperti potongan kacang, ketan hitam, potongan buah nangka, ataupun sagu mutiara, maupun susu. 

Kepopuleran es ini karena dahulu banyak pedagang es tung tung keliling yang menawarkan dagangannya ke sekitar Jawa. Kini penjual es tung-tung dengan membawa gerobak kecil sudah jarang ditemukan, karena kebanyakan sudah digabung atau disampung dengan sepeda pancal dan bahkan sepeda motor. Es ini juga biasanya disajikan di pesta-pesta rakyat seperti pernikahan atau arisan, es tung-tung terkadang masih bisa ditemukan. 

gambar Es Tung Tung


Blog, Updated at: 05.49.00

0 komentar:

Posting Komentar