Permainan Tradisional Egrang

Permainan Tradisional Egrang adalah Permainan jadul yang cukup unik dan populer khususnya di indonesia dan negara timur, permainan ini di indonesia dipopulerkan oleh masyarakat jawa khususnya daerah Jakarta. Tidak mudah untuk menggunakan egrang, hanya orang-orang yang sudah terbiasa dan bisa menaklukkan keseimbangan. 

Egrang merupakan dua tongkat yang panjang dan di bagian tengah diberikan pembatas sebagai alat atau tempat untuk pijakan kaki yang mana alas untuk pijakan kaki itu bisa terbuat dari bambu atau kayu.

Cara memainkannya sebenarnya cukup mudah hanya saja tidak semua orang yang baru memainkan alat ini dapat menggunakannya , berikut adalah sedikit langkah untuk memainkan alat ini : 

1. Kita cukup menaikkan kaki ke alas yang telah disediakan sebagai pijakan.
2. Usahakan agar tubuh kita menyatu dan selaras dengan egrang serta condong sedikit ke depan. 
3. Dalam setiap langkah yang akan di lakukan dan dibentuk oleh tubuh kita serta egrang kita harus juga menyelaraskan antara kaki kanan dan tangan kanan serta kaki kiri dan tangan kiri. 
4. Jika ke tiga syarat tersebut sudah dipenuhi ketika kita menaiki egrang kita cukup mengayunkan tangan kanan dan kaki kanan serta kaki kiri dan tangan kiri secara hampir bersamaan, dengan didahului oleh tangan.
5. Egrang pun siap untuk berjalan atau menjadi alat bagi kita untuk berjalan.

Permainan ini dimainkan dengan cara yang sudah diberikan di atas. Jika jatuh maka akan diberi hukuman. Tetapi untuk awal-awal kita tidak perlu membuat hukuman karena masih belajar, tapi jika sudah bisa menggunakan maka harus diberi hukuman.


Gambar Permainan tradisional Egrang


Blog, Updated at: 22.07.00

0 komentar:

Posting Komentar