Kesehatan Masyarakat

Definisi ilmu kesehatan masyarakat menurut profesor Winslow dari Universitas Yale (Leavel and Clark, 1958) adalah ilmu dan seni yang mencegah penyakit, memperpanjang kesempatan hidup, dan meningkatkan kesehatan fisik serta mental masyarakat, dan efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir dalam rangka untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi di masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan kelompok maupun perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan serta diagnosa dini tentang pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk menjaga kesehatannya.

Berbicara tentang kesehatan masyarakat tidak hanya tergantung pada individu atau perorangan didalam kelompok masyarakat akan tetapi mereka masyarakat sosial yang ada didalam satu koloni atau kelompok baik dipedesaan maupun perkotaan juga saling mempengaruhi. 

Berbagai penyakit yang datang dan atau menimpa masyarakat tidak hanya datang dan atau hadir oleh karena diri perorangan itu sendiri akan tetapi bisa juga hadir dan atau menimpa orang lain oleh karena sesuatu yang dibuat atau akibat dari perbuatan orang lain. Oleh karenanya kesehatan masyarakat adalah merupakan tanggung jawab semua orang dalam satu kelompok masyarakat.

Sampah yang menumpuk , lubang air yang kotor dan lama tergenang, adalah beberapa diantara sekian banyak sumber penyakit yang dapat menimbulkan tidak sehatnya kehidupan didalam satu kelompok masyarakat. Pun demikian dengan sumber sumber penyakit lainnya semisal kandang binatang ternak , dan berbagai hal sejenis lainnya. 

Kesehatan masyarakat juga menjadi tanggung jawab bersama ketika hal tersebut sudah mulai menjalar dan menimpa banyak orang, seperti contoh misal oleh karena banyaknya sampah yang berserakan dan sumber sumber air yang kumuh dan menjadi sarang nyamuk maka banyak sekali masyarakat yang terkena penyakit seperti demam berdarah dan penyakit lainnya. 

Adalah tugas dan tanggung jawab pemerinah , ketua atau pengurus desa atau dusun maupun perkampungan dalam suatu kelompok masyarakat untuk mengajak warganya agar segera menanggulangi berbagai jenis penyakit yang muncul serta mencari penyebab dari penyakit yang beredar dimasyarakat dan menanggulanginya. 


Blog, Updated at: 01.38.00

0 komentar:

Posting Komentar