Pengentasan Kemiskinan

Pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat adalah satu diantara sekian banyak program yang dijalankan oleh pemerintah sedari dulu sampai sekarang masih berlanjut dan terus diupayakan agar nantinya semua lapisan masyarakat dapat terangkat dan mencapai kesejahteraan yang nyata. 

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat telah banyak membantu menurunkan kemiskinan dengan menciptakan berbagai macam lapangan pekerjaan yang lebih layak dan mencukupi kebutuhan masyarakat, hal ini berbanding lurus kemudian dengan pemberdayaan masyarakat yang ada khususnya didaerah pedesaan. 


Seperti banyak diterapkan di negara - negara yang berkembang umumnya upaya pengentasan kemiskinan dilakukan dengan pembangunan yang bertumpu pada sektor ekonomi dan sosial selain daripada peningkatan tingkat pendidikan dan kesehatan dengan menyediakan fasilitas gratis bagi seluruh rakyat baik dari golongan bawah sampai golongan menengah atas. 

Berbagai program tersebut sejatinya telah banyak dilaksanakan akan tetapi belum merata dan mencapai seluruh lapisan masyarakat, kondisi ini tidak jarang kita lihat di perkampungan maupun pedesaan. meskipun tidak jarang juga terjadi diperkotaan. 

Keadaan yang timpang dan tidak seimbang antara golongan atas dan bawah juga membuat sulitnya pengentasan kemiskinan dimana golongan bawah lebih sering mendapatkan ancaman dan penindasan dari golongan atas seperti hubungan antara majikan dengan karyawan, dimana karyawan kurang mendapatkan kesejahteraan yang layak.


Blog, Updated at: 07.46.00

0 komentar:

Posting Komentar