Pos Ronda / Pos Jaga

Pos Ronda atau pos jaga maupun disebut juga sebagai pos kampling adalah satu bentuk bangunan yang bisa terbuat dari bambu , kayu maupun bangunan permanen dari batu bata atau batako. 

Pada awalnya pos ini dibuat dengan maksud untuk tempat istirahat dan atau kumpul para penjaga malam yang ditugaskan untuk menjaga kampung atau dusun maupun perumahan. setiap rt ditiap tiap dusun akan mengirimkan utusannya yang ditugaskan untuk menjaga setiap pos ronda pada malam hari. Setiap keluarga akan diberikan tugas untuk menjaga pos ronda setiap malam sesuai dengan giliran jaga mereka. 

Warga desa atau kampung yang tidak difungsikan guna untuk menjaga kampung pada malam itu biasanya ditarik sebuah iuran dan atau makanan sebagai bentuk solidaritas mereka terhadap warga yang kebetulan pada malam itu terkena giliran untuk jaga malam. 


Pos Ronda lebih berfungsi sebagai tempat istirahat saat melakukan jaga malam dan atau ronda malam, namun pada perkembangan selanjutnya pos ronda selain dipergunakan sebagai tempat istirahat pada saat jaga malam juga seringkali dipergunakan sebagai tempat untuk istirahat para pengamen , pejalan kaki maupun para pengemis yang kebetulan sedang kelelahan. 

Tidak jarang juga diantara para penjaga malam yang memanfaatkan pos ronda itu sebagai tempat istirahat bersama sembari santai berbincang - bincang tentang berbagai hal yang menyangkut desa atau dusun , warga maupun diri mereka sendiri. 

Manfaat dari pos ronda adalah untuk tempat istirahat para peronda pun mulai beralih menjadi tempat untuk bergosip , curhat maupun tempat lain yang biasa mereka lakukan di warung kopi atau didalam sebuah perkumpulan. 

Pos Ronda atau pos jaga maupun gardu atau poskamling menjadi sebuah tempat yang unik , menarik , serta multi fungsi.


Blog, Updated at: 11.22.00

0 komentar:

Posting Komentar