Kucing Pembawa Sial

Organisasi pendaftaran kucing CFA (Cat Fanciers' Association) telah mengakui terdapat 22 ras kucing yang boleh memiliki warna bulu hitam. Kucing hitam bukanlah ras kucing, melainkan seekor kucing domestik yang memiliki bulu berwarna hitam polos. Contoh ras kucing yang hanya memiliki warna hitam adalah ras kucing Bombay. 

Bombay terkenal sebagai kucing yang memiliki warna hitam yang mengkilap dan indah. Pigmentasi warna hitam sedikit lebih umum pada kucing jantan daripada kucing betina. Karena tingginya kandungan pigmen melamin pada kucing hitam, akibatnya mereka memiliki warna mata (iris) berwarna kuning (emas).


Kucing hitam adalah kucing yang penuh dengan mitos dan identik dengan kesialan. Kucing hitam kadang dipercayai orang-orang membawa nasib baik atau pun nasib buruk. Menurut para ahli, warna pada kucing tidak mempengaruhi keberuntungan dan kesialan seseorang. Mitos mengenai kucing hitam itu sendiri bermula dari sejarah Babilonia Kuno. 

Pada masa itu, kucing hitam dipersembahkan dalam upacara ritual mereka untuk dibakar bersamaan dengan sesaji lainnya. Mitos ini timbul karena ada seekor kucing hitam yang sedang tidur di tengah-tengah seekor ular, dan ular pada masa itu merupakan lambang kejahatan. Menurut data survei, sebanyak 13% warga Amerika Serikat percaya bahwa jika melihat kucing hitam di persimpangan jalan merupakan pertanda buruk.

Kemudian menurut penelitian dari Journal of Applied animal Welfare Science pada tahun 2013, kucing hitam adalah kucing yang jarang diadopsi dan sering dilantarkan karena banyaknya orang yang percaya bahwa kucing hitam adalah kucing pembawa nasib buruk. Kadang-kadang tokoh hewan harus menurunkan harga adopsi atau memberikan pembiyayaan gratis untuk perawatan kepada kucing hitam. 

Bahkan beberapa organisasi tidak mengizinkan mengadopsi kucing hitam di bulan Oktober. Mereka takut jika kucing tersebut akan digunakan untuk melakukan ritual-ritual aneh dan akan diperlakukan kejam.

Kucing hitam di Indonesia dianggap sebagai pertanda mistis. Salah satu mitos kucing hitam di Indonesia yang terkenal adalah jika ada mayat yang dilangkahi oleh kucing hitam, maka mayat tersebut akan bangkit lagi dan dikuasai oleh roh jahat yang dibawah kucing hitam tersebut.

Mitos tentang kucing hitam yang lainnya adalah banyak orang yang percaya terutama orang Eropa bila mereka melihat kucing hitam di jalan, mereka akan mendapatkan kesialan. Selain itu, orang-orang Rusia juga mempercayai bahwa jika ada kucing hitam yang melintas di depan, maka orang tersebut harus berjalan berbalik arah sambil memegang kancing pakaian yang sedang dipakai, agar terhindar dari kesialan.


Blog, Updated at: 19.53.00

0 komentar:

Posting Komentar