Ada Gula Ada Semut

Arti dari sebuah peribahasa yang berkata Ada gula, ada semut adalah dimana Orang akan tertarik untuk datang ke tempat yang menjanjikan adanya kesejahteraan, kenikmatan , kesenangan , sesuatu yang menarik, dan atau sumber makanan.

Semut sukanya adalah benda - benda yang manis, terutamanya gula. meskipun suka dengan bangkai , sisa makanan , dan benda mati lainnya yang menjadi sumber makanan, hubungan antara gula dan semut adalah hanya sebuah pribahasa, dimana sudah sewajarnya atau sudah biasa dimana ada gula atau benda yang manis disitulah akan ada semut.


Arti dari ada gula ada semut memang bisa bermacam macam tergantung pada mereka yang mengkonotasikannya, yang jelas makna dari ada gula ada semut adalah suatu kebiasaan makhluk hidup yang hidup bersosial kemasyarakat dan cenderung untuk berkumpul atau menyukai kebersamaan terlebih ketika didalam kehidupan bermasyarakat itu terdapat hal hal yang unik , menarik , dan menyenangkan. 

Contoh dari peribahasa tersebut bisa kita analogikan kedalam suatu keadaan umum seperti kegiatan tujuh belas agustus, maulid nabi , atau event event yang lain seperti karaoke , pasar malam, dsb, dimana didalam kegiatan acara dan atau kejadian tersebut terdapat sesuatu yang menarik perhatian masyarakat umum.

Uang bukanlah satu tolok ukur kebahagiaan seseorang, dan itu benar, minimal menurut pendapat sebagian orang tidak secara keseluruhan karena uang juga bisa membeli segalanya juga terhadap sebagian orang, penghargaan , prestasi , upah , imbal balik atas suatu kejadian atau pekerjaan maupun kegiatan adalah wujud akhir dari uang, demikian halnya dengan ada gula ada semut tidak hanya tentang makanan atau minuman akan tetapi satu kegiatan atau perkumpulan juga mengundang adanya atau hadirnya semut, bahkan makanan dan minuman juga uang akan datang ketika suatu kegiatan atau keadaan itu menarik perhatian semut. 

Apapun itu konotasinya , pengertian , analogi , atau bagaimanapun kita menilai , memahami , mengartikan , mencontohkan , makna dari ada gula ada semut adalah cerminan dari kehidupan bersosial kemasyarakatan yang cenderung untuk menyukai keramaian dan kesenangan.


Blog, Updated at: 04.55.00

0 komentar:

Posting Komentar