Kawasan Perkampungan

Kawasan perkampungan adalah satu wilayah dengan luas dan atau batas yang dikelilingi oleh perkampungan yang lain, biasanya kawasan ini merupakan kawasan lindung yang mendapat perhatian serius dari pemerintah terkait dengan adat , budaya indonesia yang harus dilestarikan dan dijaga keberadaannya.

Kawasan perkampungan selain terjaga kelestariannya juga dilindungi dari berbagai adat dan atau budaya dari luar yang dikhawatirkan dapat merusak berbagai macam adat , budaya yang semestinya dijaga kelestariannya.  

Pelaksanaan pengembangan kawasan perkampungan budaya, ditiap tiap kabupaten kota di seluruh wilayah indonesia sedari dulu  memang merupakan kawasan lindung seperti contoh perkampungan babakan , kampung bali , kampung jepang , kampung oseng , dan kampung kampung yang lain. 

Tidak sedikit juga dana dari luar negeri khususnya mereka yang prihatin dengan kemajuan zaman yang semakin menggerus keberadaan kawasan perkampungan yang dipergunakan untuk tetap menjaga kelestarian adat dan budaya di tiap tiap kampung yang ada dipulau jawa , sumatra, kalimantan dan pulau lainnya di indonesia. 

Pun tidak ubahnya demikian dengan warga / kebanyakan masyarakat indonesia khususnya mereka yang berada dikawasan perkampungan yang masih mencintai adat dan budaya negeri sendiri dimana mereka masih melestarikan dan mempertahankan adat dan budaya yang ada termasuk kesenian daerah yang terus dijaga keberadaaannya. 

Perhatian serius dari pemerintah akan kesenian daerah dan budaya telah banyak kita saksikan dimana setiap dari mereka masyarakat perkampungan diberi apresiasi yang lebih demi untuk menjaga kelestarian budaya tersebut. 

Antusiasme dan dukungan dari masyarakat juga sangat penting demi untuk menjaga kelestarian mereka, sayangnya dewasa ini seiring dengan kemajuan technologi dan informasi , semakin menenggelamkan kesenian daerah dan budaya di tiap tiap daerah di indonesia, terlebih mereka terkesan malu dalam rangka melestarikan adat dan budaya negeri sendiri.


Blog, Updated at: 09.52.00

0 komentar:

Posting Komentar