Angsle Jahe

Es Angsle atau wedang angsle adalah minuman khas Jawa yang hampir mirip dengan kolak namun memiliki variasi isi yang lebih banyak dan komplit,  Semangkuk angsle biasanya terdiri dari kacang hijau , ketan putih atau hitam, pisang dan atau buah nangka atau bisa juga buah lain, potongan atau irisan roti , mutiara, kacang tanah goreng dan bahan lainnya yang mungkin bisa ditambahkan.


Menurut cerita Penjual angsle tradisional dahulunya berkeliling kampung pada malam hari, karena angsle yang hangat pas untuk disajikan saat malam hari atau saat hujan, apalagi kemudian angsle memiliki kuah yang diseduh bersama dengan jahe namun seiring perkembangan zaman angle juga disajikan bersama dengan es pasrah. 

Sepintas makanan atau minuman pengganjal perut yang satu ini mirip dengan Es buah karena terdapat berbagai macam jenis bahan makanan yang dicampur dengan santan serta disajikan secara bersama sama dalam satu mangkuk atau gelas. 

Wedang angsle memang pas disajikan pada malam hari namun kebanyakan wedang angsle ditempat saya disajikan pada siang hari di pinggir trotoar atau di pojok pasar dan tempat ramai serta seringkali pedagang kaki lima juga menjual es buah atau sajian minuman lainnya.


Blog, Updated at: 06.31.00

0 komentar:

Posting Komentar