Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah satu bagan dan atau struktur yang menjelaskan secara langsung satu hubungan antar bagian dalam sebuah organisasi dan bagaimana sebuah pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal. 

Struktur secara sederhana adalah sebuah struktur yang dicirikan dengan kadar departementalisasi yang rendah, rentang kendali yang luas, wewenang yang terpusat pada seseorang saja, dan sedikit formalisasi atas pembagian kerja yang diwakili atau digambarkan oleh pangkat dan atau sebuah kedudukan. Struktur sederhana paling banyak dipraktikkan dalam usaha-usaha kecil di mana manajer dan pemilik adalah orang yang satu dan sama. 

Kekuatan dari struktur ini adalah kesederhanaannya yang tercermin dalam kecepatan, kefleksibelan, ketidakmahalan dalam pengelolaan, dan serta kejelasan akuntabilitas. Satu kelemahan utamanya adalah struktur ini sulit untuk dijalankan di mana pun selain di sebuah organisasi kecil karena struktur sederhana menjadi tidak memadai tatkala sebuah organisasi berkembang karena formalisasinya yang rendah dan sentralisasinya yang tinggi cenderung menciptakan kelebihan beban di bagian puncak manajerial.

Struktur organisasi adalah salah satu sarana yang digunakan manajemen untuk mencapai sasarannya. Karena sasaran diturunkan dari strategi organisasi secara keseluruhan, logis kalau strategi dan struktur harus terkait erat. tepatnya, struktur harus mengikuti strategi.

Jika manajemen melakukan perubahan signifikan dalam strategi organisasinya, struktur pun perlu dimodifikasi untuk menampung dan mendukung perubahan. Sebagian besar kerangka strategi dewasa ini terfokus pada tiga dimensi - inovasi, minimalisasi biaya, imitasi dan pada desain struktur yang berfungsi dengan baik untuk masing-masing dimensi.

Strategi inovasi adalah strategi yang menekankan diperkenalkannya produk dan jasa baru yang menjadi andalan.  

Secara sederhana struktur organisasi terdiri atas, Ketua dan Anggota kemudian dalam perkembangannya struktur organisasi terdiri dari berbagai macam pos dan atau posisi yang dibutuhkan oleh sebuah organisasi.


Blog, Updated at: 07.41.00

0 komentar:

Posting Komentar