Desa di Indonesia

Desa, atau orang kota menyebutnya udik, menurut definisi secara "universal", adalah sebuah aglomerasi permukiman di area perdesaan. Di Indonesia sendiri, istilah desa adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia di bawah kecamatan, yang dipimpin oleh Kepala Desa dan atau Lurah.

Di Indonesia terdapat kurang lebih 74.094 desa yang tersebar seantero nusantara mulai dari Sabang sampai ke Merauke. Namun fakta yang perlu menjadi perhatian bahwa dari jumlah tersebut 26 persen di antaranya adalah desa tertinggal dan menjadi lokasi prioritas. 

Dari persentase desa tertinggal tersebut, 11 persen di antaranya atau sejumlah 8.447 dari desa tertinggal tersebut sudah memiliki jangkauan sinyal yang baik untuk telekomunikasi. Dan potensi ini dapat dijadikan medium untuk melakukan percepatan pembangunan di daerah tertinggal.

Program Solusi Desa Broadband Terpadu (SDBT) mengajak para inovator muda di Indonesia menghasilkan aplikasi digital tepat guna yang mampu membantu percepatan pembangunan di desa tertinggal di pelosok negeri. 


Beberapa masalah dasar yang akan menjadi sasaran adalah seputar mata pencaharian, akses layanan kesehatan, layanan keselamatan dan layanan keamanan. Dan aplikasi tersebut akan diimplementasikan di daerah perikanan, pertanian dan pedalaman.


Blog, Updated at: 13.55.00

0 komentar:

Posting Komentar