Pengembangan Ekonomi Pedesaan

Pembangunan pertanian pedesaan merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari kebijakan pengembangan ekonomi di pedesaan karena pada umumnya masyarakat desa identik dengan perekonomian yang ditopang dari segi pertanian , perikanan maupun perkebunan dan atau hutan. Sudah kita ketahu bersama pertanian merupakan komponen utama yang menompang kehidupan masyarakat desa , dan tidak sedikit bantuan dari pemerintah terkait dengan pengembangan ekonomi pedesaan baik itu berupa bantuan mesin maupun bibit dan faktor produksi pendukung pertanian lainnya.

Namun yang terjadi kala ini dan dewasa ini pengembangan ekonomi pedesaan dirasa kurang berhasil karena kembali mereka tidak lain dan tidak bukan hanya memanfaatkan apa yang sebelumnya ada dan pasar yang menjadi target mereka pun tetap.

Hal ini muncul karana sarana dan prasarana pedesaan yang diberikan oleh pemerintah pada dasarnya hanya memberikan bantuan keringanan beban dimana sebelumnya masyarakat memikul beban yang berat kini dengan adanya berbagai kemudahan masyarakat diringankan bebannya.

Bila dikaitkan dengan upaya pembangunan ekonomi masyarakat pedesaan sadar atau tanpa sadar masyarakat pedesaan telah menerapkan kajian ilmu ekonomi mikro dalam kegiatan sehari-hari. mereka telah melakukan berbagai hal yang terus dibahas dan dikaji kemudian ditemukan dimana kelemahan dan kekurangannya.

Pengambilan keputusan adalah langkah akhir setelah ditemukannya permasalahan ekonomi baik dari segi kelemahan dan kekurangannya untuk kemudian dikembangkan, agar ekonomi dipedesaan juga memiliki daya saing terhadap ekonomi diperkotaan dan memiliki keseimbangan.


Blog, Updated at: 07.36.00

0 komentar:

Posting Komentar