Perkampungan

Village atau desa maupun kampung adalah sebuah lokal area terpencil yang mana akses untuk bisa menunuju ke lokal area tersebut terbatas atau harus melewati persawahan atau kebun, sebelum sampai kepada sebuah tempat dimana tinggal beberapa puluh atau ratus orang dalam satu tempat dan terisolasi dari dunia luar.

Istilah perkampungan juga sering digunakan untuk merujuk kepada sekolompok masyarakat dengan sikap - sikap "keterbelakangan", "tidak beretika" dan sebagainya yang kaitannya atau hubungannya dengan kehidupan yang lebih maju.

Kampung biasanya dihuni oleh orang adat dan masih memegang teguh sebuah budaya atau adat tertentu dengan menolak adat istiadat dan atau budaya yang lain demi terjaganya kelangsungan hidup dan atau adat serta budaya mereka.

Warga kampung biasa menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi baik itu pribadi maupun kelompok secara masal , dengan mengesampingkan segala macam kepentingan pribadi maupun golongan dan lebih berpihak kepada kepentingan dan atau adat istiadat serta budaya yang ada dimasyarakat tersebut.

Secara kondisional warga kampung atau sebuah perkampungan lebih identik kearah atau sebuah hubungan kekeluargaan, dimana setiap masalah selalu diselesaikan dengan kepala dingin dengan melibatkan para tetua maupun tokoh yang dituakan dalam suatu lokal area tertentu, tentunya dengan memegang teguh adat istiadat dan atau hukum yang dipakai dalam suatu lokal area tertentu.

Masyarakat dipedesaan juga biasanya merupakan satu root atau akar dimana mereka secara turun temurun masih merupakan satu atau dua keluarga yang kemudian berkembang menjadi puluhan dan bahkan ratusan kepala keluarga yang berkumpul dalam satu lokal area tertentu.


Blog, Updated at: 11.48.00

0 komentar:

Posting Komentar