Pondok Bambu

Pondok bambu bukanlah nama sebuah desa yang terletak dikelurahan di kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur, akan tetapi sebuah bangunan yang terbuat dari bambu dan pagar anyaman kulit bambu dengan atap genteng , esbes ataupun daun kelapa. 

Bangunan ini atau pondok bambu maupun bisa juga disebut gubuk bambu adalah satu diantara ciri khas sebuah pedesaan atau perkampungan maupun pedukuhan, dimana rumah mereka kebanyakan terbuat dengan tiang penyangga bambu , pagar pembatas atau tembok anyaman kulit bambu dan atap genteng atau anyaman daun kelapa. 

Meskipun dewasa ini sudah jarang sekali kita liat rumah rumah dikampung khususnya yang sudah lebih maju namun tidak jarang juga masih banyak orang kampung atau desa yang memiliki rumah dari kayu atau bambu dengan pagar anyaman bambu atau gedeg. 

Sekilas jika kita melihat nama dan makna serta pengertian dari pondok bambu mungkin kita akan terbayang ke era 8O-an .. dimana kita melihat sebuah gubuk atau pondok reot yang dihuni oleh sebuah keluarga kampung atau pedesaan , namun ... diera ini pondok bambu tidak kalah menarik dan tidak kalah bagusnya dengan hotel atau rumah mewah. 

Terutama ketika kita berwisata ke bali , dimana pondok pondok kampung atau yang berjejer dikampung , serta pesawahan kini diubah layaknya sebuah kamar atau pondok dihotel dengan nuansa keindahan alami. 

Perpaduan antara seni dan bangunan tradisional dengan aksesories masa kini , menjadikan gubuk atau pondok bambu terasa bagaikan menghuni hotel mewah suite room. 

Masih canggung memiliki gubuk atau pondok bambu ? coba desain pondok atau gubuk bambu yang anda miliki dengan gaya masa kini dan kekinian.


Blog, Updated at: 15.26.00

0 komentar:

Posting Komentar