Pondok Pesantren

Pondok Pesantren atau pontren adalah sebuah tempat berbentuk bangunan mirip seperti tempat rumah dengan beberapa bilik atau kamar yang mirip dengan tempat kos, yang biasanya dibentuk atau dibangun mengelilingi musholla tempat belajar mengajar para santri / atau anak yang tinggal disebuah pondok pesantren. 

Pondok pesantren dahulunya merupakan tempat untuk belajar mengajar seputar ilmu agama islam , dan pendiri serta pengasuh biasa disebut romo kyai. 

Namun dewasa ini pondok pesantren sudah mulai keluar dari cara lama atau adat lama dimana pontren kini juga mengadopsi atau menampung bahkan juga mendirikan sekolah sekolah umum dan tidak hanya berkutat pada ilmu agama islam saja. 

Technology dan berbagai kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan juga tidak asing lagi bagi para santri. 

Dahulu , pondok pesantren terletak di lereng pegunungan atau hutan dan jauh dari pemukiman warga , demi untuk menghindari hiruk pikuk kehidupan agar para santri fokus pada pendidikan agama yang mereka terima. 

Namun kini pontren atau pondok pesantren sudah mulai merambah ke desa desa atau dusun dimana dibeberapa desa kini mulai dibangun pondok pesantren kecil yang menampung masyarakat sekitar maupun orang dari luar untuk belajar agama islam dan sekaligus ilmu pengetahuan umum. Namun masih ada juga pondok pesantren yang menolak ilmu pengetahuan umum dan hanya berkonsentrasi pada pendidikan agama islam, mereka yang demikian biasa disebut dengan pondok pesantren salafi, sedang mereka yang juga menampung pendidikan islam sekaligus pendidikan umum disebut pondok pesantren modern. 

Apapun bentuk dari pondok pesantren tersebut , pada dasarnya mereka mengajarkan ilmu pengetahuan agama islam dan menanamkan keberadaan serta kekuasaan tuhan dimuka bumi selain dari adab dan tata krama serta disiplin yang tinggi. 


Blog, Updated at: 09.45.00

0 komentar:

Posting Komentar